Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Soal SD Kelas 3
Matematika SD Kelas 3
Soal Ulangan SD Kelas 3 pelajaran Matematika Semester 1
Kumpulansoalulangan.blogspot.com kali ini share mengenai Soal Ulangan Matematika SD kelas 3 Tentang Menyelesaikan soal Cerita yang berkaitan dengan penjumlahan, soal SD kelas 3 ini sekaligus dengan pembahasannya, pada postingan ini, mudah mudahan bisa menjadi pencerahan bagi yang membutuhkannya, baiklah sekarang kita lihat soalnya.
  1. Di tempat penyimpanan  terdapat 354 karung beras. Pemiliknya mengisi lagi dengan 359 karung beras. Berapa jumlah beras yang ada dalam tempat penyimpanan beras tersebut? 
  2. Pak Yudi memelihara 650 ekor ayam petelur dan 279 ayam pedaging. Berapa jumlah ayam peliharaan Pak Yudi? 
  3. Penduduk di desa Kasomalang Kulon terdiri atas 438 pria dan 387 wanita. Berapa jumlah penduduk di desa Kasomalang kulon? 
  4. Yudi dan Ani mengumpulkan biji rambutan. Yudi  memperoleh 362 biji, sedangkan Ani memperoleh 175 biji. Berapa jumlah biji rambutan yang dikumpulkan kedua anak tersebut?  
  5. Tuti mempunyai pita sepanjang 273 sentimeter. Dita mempunyai pita sepanjang 268 sentimeter. Berapa panjang pita kedua anak tersebut?
Pembahasan:
  1. Lihat angka yang terdapat pada soal tersebut!, 354 dan 359. Pada kasus seperti ini anak diarahkan untuk menuliskan angka angka yang terdapat pada soal, tanpa menuliskan tanda (+) atau tanda (-) terlebih dahulu, untuk menyelesaikan soal tersebut, kemudian anak diarahkan untuk menentukan kata kunci pemecahan yaitu mengisi lagi, ketika sudah diarahkan terangkan kepada anak kata  "Mengisi Lagi" secara logika (silahkan berimprofisasi sendiri), kata "Mengisi lagi" berarti ditambah, maka: 354 + 359 = . . .
  2. Kata kunci pada soal ini adalah "dan", kembali terangkan secara logika kepada anak, Maka: 650 + 279 = . . .
  3. Sama Seperti no. 3, 438 + 387 = . . .
  4. Agak sedikit berbeda pada soal ini, fokuskan anak pada nama yudi dan ani, Dan kata kunci pemecahannya ada pada kata "dan", maka: 362 + 175 = . . .
  5. Fokuskan anak pada ke dua nama pada soal, kata kuncinya "pita kedua anak ", arahkan secara logika, maka: 273 + 268 = . . .
Nah, Mudah mudahan bermanfaat, selamat mencoba dan berlatih.
Soal SD Kelas 3
Matematika SD Kelas 3
Soal Ulangan SD Kelas 3 pelajaran Matematika Semester 1

0 komentar:

Posting Komentar