Try Out Online SNMPTN 2012 v.3

Rabu, 25 April 2012 |


Ping your blog, website, or RSS feed for Free



Salam Sukses buat adik2 semua..

Ada informasi try out gratis yang diselenggarakan oleh grup facebook SNMPTN 2012
Untuk mengikuti silahkan klik di sini : Try Out SNMPTN v.3

Ikuti dan tetap semangat..!!!
^_^



Sumber :Try Out FB.
Oleh : Ardhi Sukses


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Video porno skandal DPR RI - Video porno 2 anggota DPR sedang ramai sekali di bicarakan publik kini para masyarakat berbondong-bongdong mencari situs yang menyediakan video tersebut, ada yang mau download ada juga yang mau sekedar melihat untuk membuktikan kebenaran nya.




Saat ini sudah banyak sekali situs-situs yang menwarkan download video porno anggota DPR RI namun saya gak percaya kalo situs tersebut menyediakan video porno itu. tadi pas saya ingin mencoba masuk kesitus (skandal.kilikitik.net) ternyata situs tersebut sudah di blokir.

Cepat sekali kabar panas ini menyebar. mungkin masyarakat sendiri juga lebih senang dengan berita-berita yang barbau porno grafi.

Ya semoga saja Video bokep 2 anggota DPR RI itu hanya sebuah dugaan atau hanya kemiripan yang kebetulan saja, karena kalo memang itu video asli sungguh sangat memalukan dan mencoreng bangsa serta sangat menghancurkan moralitas masyarakat indonesia.


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

UNTUK DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA PERMEN NO. 6 TAHUN 2007 (KLIK DISINI)


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Panduan Penyusunan KTSP

Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah ini dimaksudkan sebagai pedoman sekolah/madrasah dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan kurikulum berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan KTSP terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan bagian kedua berupa Model KTSP.
Satuan Pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengembangkan kurikulumnya berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum. Untuk itu Panduan Umum diterbitkan lebih dahulu agar memungkinkan satuan pendidikan tersebut, dan juga sekolah/madrasah lain yang mempunyai kemampuan, untuk mengembangkan kurikulum mulai tahun ajaran 2006/2007.
Bagian kedua Panduan Penyusunan KTSP akan segera menyusul dan diharapkan akan dapat diterbitkan sebelum tahun ajaran baru 2006/2007. Waktu penyiapan yang lebih lama disebabkan karena banyaknya ragam satuan pendidikan dan model kurikulum yang perlu dikembangkan. Selain dari pada itu, model kurikulum diperlukan bagi satuan pendidik yang saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.

Untuk Download Panduan Penyusunan KTSP KLIK DISINI


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
SKL UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN (MAK)
a. Pendidikan Agama Islam SMK/MAK
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia
sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui
pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
3. Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raza dan meninggalkan
perilaku tercela seperti isyrof, tabdzir dan fitnah
4. Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan
hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
5. Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode
Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia
b. Pendidikan Agama Kristen SMK
1. Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan
kehidupan sosial
2. Merespon berbagai bentuk kehidupan modern, perkembangan budaya dan
ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada ajaran Kristen
3. Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam kehidupan gereja,
masyarakat dan bangsa
4. Menyampaikan berita damai dan menjadi pembawa damai sejahtera
c. Pendidikan Agama Katolik SMK
1. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai pria
dan wanita serta sebagai Citra Allah yang memiliki akal budi untuk berpikir
kritis serta memiliki suara hati dan kehendak yang bebas untuk bertindak
secara bertanggung jawab.
2. Peserta didik menguraikan pemahaman tentang pribadi Yesus Kristus yang
diwartakan oleh Kitab Suci dan diajarkan oleh Gereja dan bagaimana upaya
nyata meneladani dalam hidup sehari-hari.
3. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman makna Gereja, fungsi dan
sifat-sifatnya serta hubungannya dengan dunia dan bagaimana menghayati
dalam hidup bergereja.
4. Peserta didik menguraikan fungsi Gereja yaitu melanjutkan perutusan Yesus
untuk mewartakan Kerajaan Allah dan melibatkan diri dalam perutusan itu
untuk memperjuangkan martabat dan hak asasi manusia dengan
menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan
keutuhan lingkungan hidup
69
d. Pendidikan Agama Hindu SMK
1. Memahami Atman sebagai sumber hidup, Hukum Karma dan Punarbhawa,
dan ajaran Moksa sebagai tujuan tertinggi
2. Memahami sifat-sifat Tri Guna dan Dasa Mala, ajaran Tat Twam Asi, Catur
Warna, Catur Asrama, dan Catur Purusartha
3. Memahami tata cara persembahyangan, pelaksanaan Yadnya dalam
kehidupan, dan perkawinan menurut Hindu (Wiwaha)
4. Memahami pokok-pokok ajaran Weda (Weda Sruti dan Smerti) sebagai
sumber hukum Hindu
5. Memahami struktur, hakikat dan pelestarian kesucian tempat suci
6. Memahami perhitungan hari-hari suci menurut Hindu
7. Memahami kepemimpinan menurut Niti Sastra dan hakekatnya
8. Memahami proses penciptaan dan pralaya alam semesta
9. Memahami nilai-nilai budaya Dharma Gita, seni keagamaan Hindu dan
sejarah perkembangan agama Hindu di India dan negara lainnya
e. Pendidikan Agama Buddha SMK
1. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan mengetahui
fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi), dan
kebijaksanaan (panna)
2. Memiliki kemampuan untuk memahami dan meyakini hukum alam
3. Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti artinya
4. Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan
masing-masing aliran
5. Meneladani sifat, sikap dan kepribadian Buddha, Bodhisattva, dan para
siswa utama Buddha
6. Memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, dan kreatif untuk
memecahkan masalah
7. Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama
8. Memahami peran agama dalam kehidupan sehari-hari
9. Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan
di perguruan tinggi
f. Pendidikan Kewarganegaraan SMK/MAK
1. Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
2. Menganalisis sikap positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional,
dan tindakan anti korupsi
70
3. Menganalisis pola-pola dan partisipasi aktif dalam pemajuan,
penghormatan serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun di luar
negeri
4. Menganalisis peran dan hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI
5. Menganalisis budaya politik demokrasi, konstitusi , kedaulatan negara,
keterbukaan dan keadilan di Indonesia
6. Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional
7. Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan
Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
8. Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional,
regional, dan kerja sama global lainnya
9. Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional,
dan mahkamah internasional
g. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMK/MAK
1. Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan
peraturan
2. Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
3. Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani
serta aktivitas lainnya
4. Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan
aktivitas lainnya
5. Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan
keselamatan di air
6. Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan
perkemahan, penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
7. Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti
perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit
dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV
h. Bahasa Indonesia SMK/MAK
Tingkat Semenjana
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan
informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
penyampaian informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
71
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis
berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4. Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel
yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Tingkat Madia
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan
informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
penyampaian informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis
berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan pekerjaan
4. Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel
yang berkaitan dengan pekerjaan
Tingkat Unggul
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan
informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
penyampaian informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis
berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah
sederhana
4. Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel
yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
72
i. Bahasa Inggris SMK/MAK
Level Novice
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional,
secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan
dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan
permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional,
secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan
perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan
secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari
Level Elementary
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional,
secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan
dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan
permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional,
secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan
perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan
secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
73
Level Intermediate
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional,
secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan
dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan
permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional,
secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan
perintah yang berkaitan dengan keprofesian
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan
secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
j. Matematika Kelompok Seni, Pariwisata, dan Teknologi
Kerumahtanggaan SMK/MAK
1. Memahami konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam
pemecahan masalah
2. Memahami sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan
kuadrat, serta penerapannya dalam pemecahan masalah
3. Memahami konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah
yang terkait dengan matriks
4. Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas
trigonometri dan penerapannya dalam pemecahan masalah
5. Memahami konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan
masalah
6. Memahami konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi
dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah
7. Memahami konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan
masalah
8. Mengapresiasi kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa
ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap
ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
9. Menalar secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam
memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide
74
10. Menerapkan Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif
dan pengembangan diri
k. Matematika Kelompok Sosial, Administrasi Perkantoran dan
Akuntasi SMK/MAK
1. Memahami konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam
pemecahan masalah
2. Memahami sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan
kuadrat, serta penerapannya dalam pemecahan masalah
3. Memahami logika matematik dalam pernyataan majemuk dan pernyataan
berkuantor serta penerapannya dalam pemecahan masalah
4. Memahami konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah
yang terkait dengan matriks
5. Memahami konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan
masalah
6. Memahami konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi
dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah
7. Memahami konsep teori peluang dan penerapannya dalam pemecahan
masalah
8. Memahami konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan
masalah
9. Memahami konsep matematika keuangan dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
10. Menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa
ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap
ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
11. Menalar secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam
memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide
12. Menerapkan Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif
dan pengembangan diri
l. Matematika Kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian
SMK/MAK
1. Memahami konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam
pemecahan masalah
2. Memahami konsep aproksimasi kesalahan serta penerapannya dalam
pemecahan masalah
3. Memahami sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan
kuadrat, serta penerapannya dalam pemecahan masalah
75
4. Memahami logika matematik dalam pernyataan majemuk dan pernyataan
berkuantor serta penerapannya dalam pemecahan masalah
5. Memahami konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah
yang terkait dengan matriks
6. Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas
trigonometri dan penerapannya dalam pemecahan masalah
7. Memahami konsep persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
8. Memahami konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan
masalah
9. Memahami konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi
dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah
10. Memahami konsep vektor dan penerapannya dalam pemecahan masalah
11. Memahami konsep teori peluang dan penerapannya dalam pemecahan
masalah
12. Memahami konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan
masalah
13. Memahami konsep irisan kerucut dan penerapannya dalam pemecahan
masalah
14. Memahami konsep limit fungsi dan turunan fungsi dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
15. Memahami konsep integral dan penerapannya dalam pemecahan masalah
16. Menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa
ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap
ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
17. Menalar secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam
memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide
18. Menerapkan Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif
dan pengembangan diri
m. Ilmu Pengetahuan Alam SMK/MAK
1. Mampu mengenali gejala-gejala alam melalui pengamatan langsung dan
menafsirkannya untuk kepentingan kehidupan sehari-hari
2. Mengenali berbagai jenis polusi dan dampaknya terhadap manusia dan
lingkungan
3. Memiliki kesadaran dan mampu berperanserta dalam memelihara, menjaga,
dan melestarikan ekosistem lingkungan dan sumber daya alam
4. Menerapkan IPA sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan
pengembangan diri
76
n. Fisika Kelompok Pertanian SMK/MAK
1. Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran
fisika secara langsung, tidak langsung, secara cermat, teliti, dan obyektif
2. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika
benda titik, kekekalan energi, impuls, dan momentum
3. Mendeskripsikan prinsip dan konsep konservasi kalor dan fluida dan
perubahannya
4. Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai
masalah
5. Menguasai konsep dasar Fisika yang mendukung secara langsung
pencapaian kompetensi program keahliannya
6. Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mendukung penerapan kompetensi
program keahliannya dalam kehidupan sehari-hari
7. Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mengembangkan kemampuan
program keahliannya pada tingkat yang lebih tinggi
o. Fisika Kelompok Teknologi SMK/MAK
1. Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran
fisika secara langsung, tidak langsung, secara cermat, teliti, dan obyektif
2. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika
benda titik, kekekalan energi, impuls, dan momentum
3. Memahami sifat mekanik bahan serta menentukan kekuatan bahan
4. Mendeskripsikan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida
dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta
penerapannya dalam mesin kalor
5. Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai
penyelesaian masalah
6. Memahami konsep getaran, gelombang, dan bunyi serta penerapannya untuk
pemecahan masalah
7. Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai
masalah
8. Menguasai konsep dasar Fisika yang mendukung secara langsung
pencapaian kompetensi program keahliannya
9. Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mendukung penerapan kompetensi
program keahliannya dalam kehidupan sehari-hari
10. Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mengembangkan kemampuan
program keahliannya pada tingkat yang lebih tinggi
77
p. Kimia Kelompok Pertanian SMK/MAK
1. Memahami konsep materi dan perubahannya, fenomena reaksi kimia yang
terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan
energi
2. Memahami sifat berbagai larutan asam-basa, larutan koloid, larutan
elektrolit-non elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaannya
3. Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta
penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam,
dan pemisahan bahan (elektrolisis)
4. Memahami struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang meliputi
benzena dan turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
5. Meningkatkan kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan
juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari
pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan
masyarakat
6. Memahami konsep, prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling
keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari dan teknologi
7. Menggunakan pengetahuan dasar kimia dalam kehidupan sehari-hari, dan
memiliki kemampuan dasar kimia sebagai landasan dalam mengembangkan
kompetensi di masing-masing bidang keahlian.
q. Kimia Kelompok Teknologi dan Kesehatan SMK/MAK
1. Memahami konsep materi dan perubahannya, fenomena reaksi kimia yang
terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan
energi
2. Memahami sifat berbagai larutan asam-basa, larutan koloid, larutan
elektrolit-non elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaannya
3. Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta
penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam,
dan pemisahan bahan (elektrolisis)
4. Memahami struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang meliputi
benzena dan turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
5. Meningkatkan kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan
juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari
pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan
masyarakat
78
6. Memahami konsep, prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling
keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari dan teknologi
7. Menggunakan pengetahuan dasar kimia dalam kehidupan sehari-hari, dan
memiliki kemampuan dasar kimia sebagai landasan dalam mengembangkan
kompetensi di masing-masing bidang keahlian.
r. Biologi Kelompok Pertanian SMK/MAK
1. Memahami keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan
keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
2. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan
energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
3. Memahami konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi
organ, kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi pada sistem organ, serta
implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
4. Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan, proses metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya
dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains,
lingkungan, teknologi dan masyarakat
6. Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi, serta
keterkaitannya dengan IPA lainnya
7. Meningkatnya kesadaran dan peran-serta dalam menjaga kelestarian
lingkungan
8. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan menganalisis lingkungan dan
alam sekitar dalam kehidupan sehari-hari
9. Mengembangkan pemahaman dan kemampuan untuk menunjang kompetensi
produktif dan pengembangan diri
s. Biologi Kelompok Kesehatan SMK/MAK
1. Memahami keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan
keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
2. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan
energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
3. Memahami konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi
organ, kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi pada sistem organ, serta
implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
4. Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan, proses metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya
dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
79
5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains,
lingkungan, teknologi dan masyarakat
6. Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi, serta
keterkaitannya dengan IPA lainnya
7. Meningkatnya kesadaran dan peran-serta dalam menjaga kelestarian
lingkungan
8. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan menganalisis lingkungan dan
alam sekitar dalam kehidupan sehari-hari
9. Mengembangkan pemahaman dan kemampuan untuk menunjang kompetensi
produktif dan pengembangan diri.
t. Ilmu Pengetahuan Sosial SMK/MAK
1. Memahami konsep-konsep interaksi antarindividu serta interaksi dengan
lingkungan masyarakat sekitar
2. Memahami proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat
hingga terjadinya kebangkitan nasional
3. Memahami konsep kebutuhan manusia akan barang serta memahami prosesproses
dasar ekonomi dalam rangka pemenuhan kebutuhan
4. Berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan
keterampilan dalam kehidupan sosial ekonomi
5. Memiliki komitmen tinggi terhadap nilai-nilai sosial, budaya, dan
kemanusiaan
6. Mampu berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat
yang majemuk di tingkat lokal, nasional, dan global.
u. Seni Budaya SMK/MAK
Seni Rupa
1. Memahami konsep seni rupa dan memahami pentingnya seni rupa dalam
kehidupan
2. Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni rupa
Seni Musik
1. Memahami konsep seni musik dan memahami pentingnya seni musik dalam
kehidupan
2. Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni musik
80
Seni Tari
1. Memahami konsep seni tari dan memahami pentingnya seni tari dalam
kehidupan
2. Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni tari
Teater
1. Memahami konsep teater dan memahami pentingnya teater dalam kehidupan
2. Menunjukan sikap apresiatif terhadap teater
v. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi SMK/MAK
1. Mampu mengoperasikan komputer PC
2. Mampu mengoperasikan sistem operasi soft ware
3. Mampu menggunakan teknologi komputer untuk mengolah data, keperluan
sehari-hari serta keperluan yang terkait dengan kebutuhan dunia kerja
4. Mampu mengoperasikan PC dalam suatu jaringan serta mengoperasikan web
design
w. Kewirausahaan SMK/MAK
1. Mampu mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam kehidupan
sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakatnya
2. Menerapkan sikap dan perilaku wirausaha dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan masyarakatnya
3. Memahami sendi-sendi kepemimpinan dan mampu menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari serta menerapkan perilaku kerja prestatif dalam
kehidupannya
4. Mampu merencanakan sekaligus mengelola usaha kecil/mikro dalam
bidangnya

Untuk Download File Lengkapnya KLIK DISINI


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
SKL UNTUK SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB-A,B,D,E)
a. Pendidikan Agama Islam
1. Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam
Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2. Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah
sampai iman kepada Qadha dan Qadar
3. Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku
tercela
4. Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai
zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
5. Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan
menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi
b. Pendidikan Agama Kristen
1. Memahami kasih Allah melalui keberadaan dirinya
2. Menanggapi kasih Allah dengan mengasihi orangtua, keluarga dan teman
3. Beribadah kepada Tuhan sebagai ucapan syukur melalui doa dan membaca
Alkitab
4. Memelihara ciptaan Allah lainnya dalam hidup sehari-hari
c. Pendidikan Agama Katolik
1. Peserta didik menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai karunia
Tuhan dan mengungkapkan rasa syukurnya dengan berdoa, bernyanyi serta
melakukan perbuatan-perbuatan nyata
2. Peserta didik memahami dan mencintai Allah sebagai Bapa Pencipta dan
Penyelenggara seperti dikisahkan Kitab Suci Perjanjian Lama dan Perjanjian
Baru dan meneladani Yesus Kristus sebagai Penyelamat hidup umat manusia
3. Peserta didik memahami Gereja sebagai persekutuan Umat Allah dan sebagai
Sakramen keselamatan yang diutus ke dalam dunia dan Roh Kudus yang diutus
Yesus sebagai jiwa Gereja yang senantiasa menyertainya
4. Peserta didik memahami hidup beriman yang terlibat dalam masyarakat
sebagai perwujudan imannya
d. Pendidikan Agama Hindu
1. Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Maha Pencipta,
Tri Murti, Tri Purusa dan Cadhu Sakti
2. Memahami ajaran Panca Sradha dan Tri Sarira
3. Memahami ajaran Susila yang meliputi: Tri Kaya Parisudha, Tri Mala, Catur
Paramita, Tri Parartha, Panca Yama, Panca Nyama Bratha, Catur Guru, Dasa
Yama dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
4. Mendemonstrasikan pemahaman sikap-sikap sembahyang Tri Sandhya dan
sarana sembahyang
48
5. Menerapkan Panca Yadnya secara Nitya Karma dan Naimitika Karma dalam
kehidupan sehari-hari
6. Memahami Weda sebagai kitab suci dan wahyu Sang Hyang Widhi (Tuhan)
7. Memahami orang suci agama Hindu dan tugas dan kewajiban orang suci
8. Memahami hari-hari suci keagamaan dan dasar-dasar hari suci (Wariga)
9. Mengenal pemimpin yang baik dan patut diteladani di wilayahnya
10. Memahami Bhuana Agung dan Bhuana Alit
11. Memahami tari-tari Keagamaan, lagu-lagu kerohanian (Yadnya), dan sejarah
perkembangan Hindu sebelum dan sesudah kemerdekaan
e. Pendidikan Agama Buddha
1. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan mengetahui
fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi), dan
kebijaksanaan (panna)
2. Memiliki kemampuan dasar untuk memahami dan meyakini agamanya serta
menerapkannya dalam bertutur, berbuat dan berperilaku
3. Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti artinya
4. Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan masingmasing
aliran
5. Meneladani sifat, sikap dan kepribadian Buddha, Bodhisattva, dan para siswa
utama Buddha
6. Memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, dan kreatif untuk
memecahkan masalah
7. Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama
8. Memahami lambang-lambang agama Buddha
9. Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan di
SMP
f. Pendidikan Kewarganegaraan
1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2. Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
3. Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
4. Memahami hidup tertib dan gotong royong
5. Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis
6. Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam
kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai pancasila
7. Memahami sistem pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat
49
8. Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik iIndonesia, dengan
kepatuhan terhadap undang-undang, peraturan, kebiasaan, adat istiadat,
kebiasaan, dan menghargai keputusan bersama
9. Memahami dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
10. Memahami hubungan Indonesia dengan negara tetangga dan politik luar negeri
g. Bahasa Indonesia
1. Mendengarkan/Menyimak
Memahami wacana lisan/isyarat berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk,
pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar,
serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita
rakyat
2. Berbicara/Berisyarat
Menggunakan wacana lisan/isyarat untuk mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana,
wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di
sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan,
pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng,
pantun, drama, dan puisi
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa
petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi,
dongeng, pantun, percakapan, cerita, dan drama
4. Menulis
Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat,
pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun
h. Matematika
1. Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya,
serta menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
2. Memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifatsifatnya,
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
3. Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut,
waktu, kecepatan, debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
4. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
5. Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan
grafik (diagram), mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung, modus, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
50
6. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7. Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif
i. Ilmu Pengetahuan Alam
1. Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil
pengamatannya secara lisan/isyarat dan tertulis
2. Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan
tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk
hidup dengan lingkungannya
3. Memahami bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta
fungsinya dan perubahan pada makhluk hidup
4. Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan
wujud benda, dan kegunaannya
5. Memahami berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya
6. Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan
permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia
j. Ilmu Pengetahuan Sosial
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga
2. Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan
tetangga, serta kerja sama di antara keduanya
3. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
4. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
5. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku
bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
6. Menghargai peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
7. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia
Tenggara serta benua-benua
8. Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga,
serta dapat melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam
9. Memahami peranan Indonesia di era global
k. Seni Budaya dan Keterampilan
Seni Rupa (B,D,E)
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa terapan
melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa murni melalui
pembuatan relief dari bahan plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat
51
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara
dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan,
manusia dan kehidupannya serta motif hias dengan teknik batik
4. Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara
dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi dengan tema bebas
5. Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara
melalui pembuatan benda kreatif yang sesuai dengan potensi daerah setempat
Seni Musik (A,D,E)
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan memperhatikan
dinamika melalui berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat
musik sederhana daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis
dan gabungan terhadap berbagai musik/lagu wajib, daerah dan Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan menyanyikan
lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan memainkan alat musik sederhana
daerah setempat
Seni Tari (B,E)
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan
simbol dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan
simbol dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan perpaduan karya seni tari dan musik
Nusantara
Keterampilan
1. Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik
konstruksi
2. Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan
teknik meronce dan makrame
3. Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan
berbagai bahan
4. Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan
berbagai bahan
l. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1. Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana
serta nilai-nilai dasar sportivitas seperti kejujuran, kerjasama, dan lain-lain
2. Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam pagi, senam kesegaran jasmani
(SKJ), dan aerobik
3. Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat,
serta senam lantai
52
4. Mempraktekkan gerak dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
5. Mempraktekkan latihan kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan
kekuatan otot, kelenturan serta koordinasi otot
6. Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di
luar sekolah seperti perkemahan, piknik, dan lain-lain
7. Memahami budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan
lingkungan, mengenal makanan sehat, mengenal berbagai penyakit dan
pencegahannya serta menghindarkan diri dari narkoba
m. Bahasa Inggris
1. Mendengarkan/Menyimak
Memahami instruksi, informasi, dan cerita sangat sederhana yang disampaikan
secara lisan/isyarat dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
2. Berbicara/Berisyarat
Mengungkapkan makna secara lisan/isyarat dalam wacana interpersonal dan
transaksional sangat sederhana dalam bentuk instruksi dan informasi dalam
konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
3. Membaca
Membaca nyaring dan memahami makna dalam instruksi, informasi, teks
fungsional pendek, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana yang
disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan
sekitar
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana
dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
5. SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA (SMPLB-A,B,D,E)
a. Pendidikan Agama Islam
1. Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara
membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan
hukum bacaan mad dan waqaf
2. Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman
mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta
Asmaul Husna
3. Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan
menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan
namimah
4. Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik
shalat wajib maupun shalat sunat
53
5. Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta
menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara
b. Pendidikan Agama Kristen
1. Menjelaskan karya Allah dan penyelamatan bagi manusia dan seluruh ciptaan
2. Menginternalisasi nilai-nilai kristiani dengan menanggapinya secara nyata
3. Bertanggung jawab terhadap diri dan sesamanya, masyarakat dan gereja sebagai
orang yang sudah diselamatkan
c. Pendidikan Agama Katolik
1. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai pria
dan wanita yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan untuk
berelasi dengan sesama dan lingkungannya
2. Peserta didik dapat menguraikan pemahamannya tentang Yesus Kristus dan
bagaimana meneladani Yesus yang mewartakan Bapa dan Kerajaan Allah
3. Peserta didik dapat menguraikan makna Gereja sebagai sakramen keselamatan
dan bagaimana mewujudkannya dalam hidup nyata
4. Peserta didik dapat menguraikan pamahaman tentang hidup bermasyarakat
dan bagaimana melaksanakan kehidupan bermasyarakat sesuai ajaran Firman
Allah dan pengajaran Yesus Kristus
d. Pendidikan Agama Hindu
1. Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Asta Aiswarya,
Awatara, Dewa dan Bhatara
2. Memahami ajaran Sad Ripu, Sad Atatayi, Sapta Timira sebagai aspek diri yang
harus dihindari
3. Memahami latar belakang timbulnya Yadnya dan hakikatnya
4. Memahami Weda sebagai kitab suci dan para Rsi penerima wahyu
5. Memahami keberadaan orang suci agama Hindu
6. Memahami hari-hari suci keagamaan dan hakikatnya
7. Memahami ajaran kepemimpinan Hindu
8. Memahami hubungan Bhuana Agung dan Bhuana Alit
9. Memahami Dharma Gita, sejarah masuknya agama Hindu ke Indonesia, dan
keberadaan kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia
e. Pendidikan Agama Buddha
1. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan mengetahui
fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi), dan
kebijaksanaan (panna)
2. Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti artinya
3. Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan masingmasing
aliran
54
4. Meneladani sifat, sikap dan kepribadian Buddha, Bodhisattva, dan para siswa
utama Buddha
5. Memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, dan kreatif untuk memecahkan
masalah
6. Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama
7. Mengungkapkan sejarah perkembangan agama Buddha
8. Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan di
SMALB
f. Pendidikan Kewarganegaraan
1. Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan,
adat istiadat, dan peraturan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan
suasana kebatinan konstitusi pertama
3. Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat
dengan bertanggung jawab
4. Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan
Undang-Undang Dasar 1945
5. Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan
kedaulatan rakyat
6. Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintahan pusat
dan daerah
7. Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
8. Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya
g. Bahasa Indonesia
1. Mendengarkan/Menyimak
Memahami wacana lisan/isyarat dalam kegiatan wawancara, pelaporan,
penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato, khotbah/ceramah, dan
pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi, drama, novel
remaja, syair, kutipan, dan sinopsis novel
2. Berbicara/Berisyarat
Menggunakan wacana lisan/isyarat untuk mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara,
presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato, serta dalam berbagai karya
sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk
wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama,
novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai angkatan
55
4. Menulis
Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan,
surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi,
karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya
sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, puisi, dan cerpen
h. Bahasa Inggris
1. Mendengarkan/Menyimak
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional
sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative,
procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari
2. Berbicara/Berisyarat
Mengungkapkan makna secara lisan/isyarat dalam wacana interpersonal dan
transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan seharihari
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional
sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative,
procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan
transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan seharihari
i. Matematika
1. Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif,
asosiatif, distributif), barisan bilangan sederhana (barisan aritmetika dan sifatsifatnya),
serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
2. Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya,
persamaan dan pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan
operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear dan
penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
3. Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan
pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan
membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorema
Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran
dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan jaringjaringnya,
kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah
56
4. Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel,
gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah
5. Memahami konsep peluang sampel dan peluang kejadian, serta memanfaatkan
dalam pemecahan masalah
6. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7. Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta
mempunyai kemampuan bekerja sama
j. Ilmu Pengetahuan Alam
1. Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan
sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan
grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara
lisan/isyarat dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh
2. Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri,
cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di
dalam ekosistem
3. Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup
4. Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat,
perubahan, dan kegunaannya
5. Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik,
magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
k. Ilmu Pengetahuan Sosial
1. Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan
dampaknya terhadap kehidupan
2. Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian
manusia
3. Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe
untuk mendapatkan informasi keruangan
4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan
5. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan
sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa
6. Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan
lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
7. Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan,
mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
8. Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat
dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial
57
sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya
pencegahannya
9. Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan
pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur
geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang
10. Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional
dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan internasional, serta
dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
11. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta
mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi
dalam memenuhi kebutuhannya
12. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan
konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan
kesejahteraan
l. Seni Budaya
Seni Rupa (B,D,E)
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar
bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar/
lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil batik daerah Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan
dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara
Seni Musik (A,D,E)
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat
secara perseorangan dan berkelompok
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional
nusantara secara perseorangan dan kelompok
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara secara
perseorangan dan kelompok
Seni Tari (B,E)
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan
berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan
berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan
berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari mancanegara
58
Seni Teater (B,E)
1. Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater daerah setempat
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater Nusantara
4. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional, modern dan
kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat,
Nusantara dan mancanegara
m. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta
atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
2. Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat
3. Mempraktekkan teknik renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya
punggung
4. Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan
alat sederhana
5. Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan
perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik
6. Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan
tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya
serta menjauhi narkoba
n. Keterampilan
Kerajinan
1. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan
lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat serta teknik
butsir dan cetak dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun
modifikasinya
2. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan jahit dan sulam dengan ragam
hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
3. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan anyaman dan makrame
4. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik potong sambung
dan teknik potong konstruksi dengan ragam hias tradisional, mancanegara
maupun modifikasinya
5. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik sayat dan ukir
dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
59
Teknologi Rekayasa
1. Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa alat penerangan dan
alat yang menimbulkan suara dengan listrik arus lemah (baterai)
2. Mengapresiasi dan menerapkan karya teknologi rekayasa penjernihan air
dengan teknologi mekanis dan teknologi kimia
3. Mengapresiasi dan membuat benda teknologi rekayasa alat yang berputar
secara mekanis dan digerakkan dengan listrik
Teknologi Budidaya
1. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budidaya pemeliharaan dan
perawatan hewan unggas petelor dan bibit hewan unggas
2. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budidaya tanaman obat dan tanaman
hias yang menggunakan media tanah
3. Mengapresiasi dan menerapan teknologi budidaya ikan air tawar dan ikan hias
air tawar di dalam kolam
Teknologi Pengolahan
1. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan manisan basah dan
kering bentuk padat dari bahan nabati
2. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan
bahan mentah nabati dan hewani dengan cara diasinkan
3. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan
bahan nabati dan hewani dengan cara dikeringkan
o. Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya
di masa datang
2. Menguasai dasar-dasar ketrampilan komputer
3. Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk
menghasilkan dokumen sederhana
4. Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk
memperoleh informasi
6. SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB-A,B,D,E)
a. Pendidikan Agama Islam
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai
khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui
pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
3. Berperilaku terpuji seperti hasnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan
perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah
60
4. Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum
muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
5. Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode
Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia
b. Pendidikan Agama Kristen
1. Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan
sosial
2. Merespon berbagai bentuk kehidupan modern, perkembangan budaya dan ilmu
pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada ajaran Kristen
3. Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam kehidupan gereja, masyarakat
dan bangsa
4. Menyampaikan berita damai dan menjadi pembawa damai sejahtera
c. Pendidikan Agama Katolik
1. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai pria
dan wanita serta sebagai Citra Allah yang memiliki akal budi untuk berpikir
kritis serta memiliki suara hati dan kehendak yang bebas untuk bertindak secara
bertanggung jawab
2. Peserta didik menguraikan pemahaman tentang pribadi Yesus Kristus yang
diwartakan oleh Kitab Suci dan diajarkan oleh Gereja dan bagaimana upaya
nyata meneladani dalam hidup sehari-hari
3. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman makna Gereja, fungsi dan sifatsifatnya
serta hubungannya dengan dunia dan bagaimana menghayati dalam
hidup bergereja
4. Peserta didik menguraikan fungsi Gereja yaitu melanjutkan perutusan Yesus
untuk mewartakan Kerajaan Allah dan melibatkan diri dalam perutusan itu
untuk memperjuangkan martabat dan hak asasi manusia dengan menegakkan
nilai-nilai Kerajaan Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan keutuhan
lingkungan hidup
d. Pendidikan Agama Hindu
1. Memahami Atman sebagai sumber hidup, Hukum Karma dan Punarbhawa, dan
ajaran Moksa sebagai tujuan tertinggi
2. Memahami sifat-sifat Tri Guna dan Dasa Mala, ajaran Tat Twam Asi, Catur
Warna, Catur Asrama, dan Catur Purusartha
3. Memahami tata cara persembahyangan, pelaksanaan Yadnya dalam kehidupan,
dan perkawinan menurut Hindu (Wiwaha)
4. Memahami pokok-pokok ajaran Weda (Weda Sruti dan Smerti) sebagai sumber
hukum Hindu
5. Memahami struktur, hakikat dan pelestarian kesucian tempat suci
6. Memahami perhitungan hari-hari suci menurut Hindu
7. Memahami kepemimpinan menurut Niti Sastra dan hakekatnya
61
8. Memahami proses penciptaan dan pralaya alam semesta
9. Memahami nilai-nilai budaya Dharma Gita, seni keagamaan Hindu dan sejarah
perkembangan agama Hindu di India dan negara lainnya
e. Pendidikan Agama Buddha
1. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan mengetahui
fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi), dan
kebijaksanaan (panna)
2. Memiliki kemampuan untuk memahami dan meyakini hukum alam
3. Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti artinya
4. Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan masingmasing
aliran
5. Meneladani sifat, sikap dan kepribadian Buddha, Bodhisattva, dan para siswa
utama Buddha
6. Memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, dan kreatif untuk
memecahkan masalah
7. Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama
8. Memahami peran agama dalam kehidupan sehari-hari
9. Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan di
perguruan tinggi
f. Pendidikan Kewarganegaraan
1. Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Repubilik Indonesia
2. Menganalisis sikap positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan
tindakan anti korupsi
3. Menganalisis pola-pola dan partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan
serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun di luar negeri
4. Menganalisis peran dan hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI
5. Menganalisis budaya politik demokrasi, konstitusi , kedaulatan negara,
keterbukaan dan keadilan di Indonesia
6. Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional
7. Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan
Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
8. Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional,
regional, dan kerja sama global lainnya
9. Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan
mahkamah internasional
62
g. Bahasa Indonesia
1. Mendengarkan/Menyimak
Memahami wacana lisan/isyarat dalam kegiatan penyampaian berita, laporan,
saran, berberita, pidato, wawancara, diskusi, seminar, dan pembacaan karya
sastra berbentuk puisi, cerita rakyat, drama, cerpen, dan novel
2. Berbicara/Berisyarat
Menggunakan wacana lisan/isyarat untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam kegiatan berkenalan, diskusi, bercerita, presentasi hasil
penelitian, serta mengomentari pembacaan puisi dan pementasan drama
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis teks
nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk rencana, teks pidato, serta teks
sastra berbentuk puisi, hikayat, novel, biografi, puisi kontemporer, karya sastra
berbagai angkatan dan sastra Melayu klasik
4. Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk teks narasi, deskripsi, eksposisi,
argumentasi, teks pidato, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman,
ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra
berbentuk puisi, cerpen, drama, kritik, dan esei
h. Bahasa Inggris
1. Mendengarkan/Menyimak
Memahami makna dalam wacana lisan/isyarat interpersonal dan transaksional,
secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure,
descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition,
spoof, explanation, discussion, dan review, dalam konteks kehidupan seharihari
2. Berbicara/Berisyarat
Mengungkapkan makna secara lisan/isyarat dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative,
procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory
exposition, spoof, explanation, discussion, dan review, dalam konteks
kehidupan sehari-hari
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional,
secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure,
descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition,
spoof, explanation, discussion, dan review, dalam konteks kehidupan seharihari
63
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative,
procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory
exposition, spoof, explanation, discussion, dan review, dalam konteks
kehidupan sehari-hari
i. Matematika
1. Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, menentukan nilai
kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta menggunakan
prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan
logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat dan grafiknya, persamaan
dan pertidaksamaan kuadrat, komposisi dan invers fungsi, program linear,
matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri dan komposisinya,
barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
3. Menentukan kedudukan, jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan
bidang di ruang dimensi tiga serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
4. Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
5. Memahami limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri di suatu titik dan sifatsifatnya,
turunan fungsi, nilai ekstrem, integral tak tentu dan integral tentu fungsi
aljabar dan trigonometri, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
6. Mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, gambar, grafik,
dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran penyebaran, permutasi dan
kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian, dalam pemecahan masalah
7. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
8. Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta
mempunyai kemampuan bekerjasama
j. Ilmu Pengetahuan Alam
1. Memahami keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman
hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
2. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi,
serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
3. Mendeskripsikan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan
perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya
dalam mesin kalor
4. Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika
secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti, dan obyektif
5. Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai
masalah dan produk teknologi
64
6. Memahami hukum dasar dan penerapannya, cara perhitungan dan pengukuran,
fenomena reaksi kimia, efek samping dan kegunaannya
k. Ilmu Pengetahuan Sosial
1. Memahami sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan
lingkungan
2. Memahami proses interaksi sosial di dalam masyarakat dan norma yang mengatur
hubungan tersebut serta kaitannya dengan dinamika kehidupan sosial
3. Memahami hakekat obyek, ruang lingkup, struktur, dan pendekatan geografi
4. Memahami kondisi geografis, kependudukan dan lingkungan hidup di Indonesia
5. Menganalisis permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia
dan sistem ekonomi
6. Mendeskripsikan kegiatan ekonomi produsen, konsumen, permintaan, penawaran
dan harga keseimbangan melalui mekanisme pasar dalam lingkup nasional dan
internasional
7. Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia mulai masa pendudukan
Jepang, sampai dengan persiapan kemerdekaan Indonesia
8. Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945, terbentuk Negara
Kesatuan Republik Indonesia, dan usaha mempertahankannya serta pengakuan
kedaulatan internasional
9. Memahami perjalanan bangsa Indonesia pada masa kemerdekaan, perjuangan
pengembalian Irian Barat, peristiwa G-30-S/PKI, Orde Baru hingga era reformasi
serta bentuk kerjasama Indonesia dengan dunia internasional
l. Seni Budaya
Seni Musik (A,D,E)
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan
nontradisional dengan beragam teknik, media, dan materi musik daerah
setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan
nontradisional dengan beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi
musik Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan
nontradisional dengan beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi
musik mancanegara (NonAsia)
65
Seni Tari (B,E)
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari kreasi bentuk tari tunggal
atau berpasangan/kelompok dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari kreasi bentuk tari tunggal
atau berpasangan/kelompok dalam konteks budaya masyarakat Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari kreasi bentuk tari tunggal
atau berpasangan/kelompok mancanegara (NonAsia) dalam konteks budaya
masyarakatnya
Seni Teater (B,D,E)
1. Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional dan
nontradisional dan seni teater kreatif daerah setempat dalam konteks budaya
masyarakat
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional dan
nontradisional dan seni teater kreatif Nusantara dalam konteks budaya
masyarakat
4. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional, dan
nontradisional dan seni teater kreatif mancanegara (NonAsia) dalam konteks
budaya masyarakat
Seni Rupa (B,D,E)
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan dengan
memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat dan Nusantara
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni kriya dengan memanfaatkan
teknik dan corak Nusantara dan mancanegara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni dan terapan
(modern/kontemporer) yang dikembangkan dari beragam unsur, corak dan
teknik seni rupa Nusantara
m. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1. Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan
peraturan
2. Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
3. Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta
aktivitas lainnya
4. Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan
aktivitas lainnya
5. Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan
keselamatan di air
66
6. Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan,
penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
7. Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan
tubuh serta lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara
mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV
n. Keterampilan Vokasional/Teknologi Informasi dan Komunikasi *)
Kerajinan
1. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan tenik tapestry dan teknik
pembentukan manual untuk fungsi ekspresi/hias
2. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau
teknik batik untuk fungsi ekspresi/hias
3. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras
alami dengan berbagai teknik untuk fungsi ekspresi/hias
4. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik potong sambung
dan teknik potong konstruksi untuk fungsi ekspresi/hias
5. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras
alami dan teknik sayat dan ukir yang menerapkan ragam hias tradisional,
mancanegara maupun modifikasinya
Teknologi Rekayasa
1. Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa berbagai tempat
hewan air dan hewan darat yang sehat
2. Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa miniatur benda
konstruksi sederhana dan kompleks
3. Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa alat transportasi
mainan dengan energi mekanik
Teknologi Budidaya
1. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budidaya unggas potong dan hias.
2. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budidaya tanaman hias dengan
menggunakan berbagai media
3. Mengapresiasi dan menerapan teknologi budidaya ikan hias air tawar di dalam
akuarium dan budidaya udang air tawar/laut
Teknologi Pengolahan
1. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan
dengan pengapasan dan menggunakan uap dari bahan hewani
2. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan bahan padat dan bahan
cair/kental dengan teknik fermentasi
3. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk makanan dengan
teknik daur ulang dan teknik pengolahan satu bahan menjadi berbagai produk
makanan
67
Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan
komunikasi yang ditopang oleh sikap cermat dan menghargai Hak Atas
Kekayaan Intelektual
2. Menggunakan perangkat pengolah kata, pengolah angka, pembuat grafis dan
pembuat presentasi dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram untuk
menghasilkan informasi
3. Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk
memperoleh informasi, berkomunikasi dan bertukar informasi
Catatan:
*) Keterampilan vokasional/teknologi informasi dan komunikasi merupakan paket pilihan.
Jenis keterampilan vokasional/teknologi informasi yang dikembangkan, diserahkan
kepada sekolah sesuai potensi daerah.

Untuk Download SKL Mata Pelajaran SDLB KLIK DISINI