Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Trik mtk_matematik_Matematika
kumpulansoalulangan.blogspot.com, masih membahas trik matematika untuk tingkat dasar, adapun tulisan ini merupakan lanjutan dari Pembahasan Trik INI, jika pada postingan yang lalu pengurangan dengan penambahan pada puluhan yaitu menambahkan bilangan dengan angka 10 sehingga mendekati bilangan yang dikurang, Nah pada trik kali ini cuma melihat berapa lebihnya dari angka 100. Baiklah supaya jelas mari kita simak contohnya !
1. Soal : 111 - 85 
Langkah 1   : Pikirkan angka " 111 adalah 11 lebihnya dari 100 "
Langakh 2   : Pikirkan angka " 85 adalah 15 kurangnya dari 100 "
Langkah 3   : Jumlahkan hasil 11 + 15, Maka hasilnya adalah 26   -----> gampangkan ?
2. Soal : 134 - 97 
Langkah 1   : Pikirkan angka " 134 adalah 34 lebihnya dari 100"
Langakh 2   : Pikirkan angka " 97 adalah 3 kurangnya dari 100 "
Langkah 3   : Jumlahkan hasilnya 34 + 3, Maka hasilnya adalah 37 -------> bagaimana udah paham?
jika sudah coba kerjakan soal latihannya dibawah ini !
1. 106 - 88
2. 112 - 75
3. 121 - 93
4. 111 - 65 
5. 148 - 89 
Ok, selamat berlatih dan sukses selalu
Trik matematika Sd pada kumpulansoalulangan.blogspot.com


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Trik Matematika 
Trik matematika untuk SD
Kumpulansoalulangan.blogspot.com, Ketika membaca judul postingan ini " apa ya, maksudnya pengurangan dengan penambahan?", eh jangan bingung dulu, maksud penguran dengan penambahan itu adalah menyelesaikan soal pengurangan dengan cara menambahkan !, " ah masih pusing juga", ok supaya paham ayo kita simak penjelasanya.
Penjumlahan biasanya lebih mudah dari pada mengurangi, apa lagi penambahan dengan angka puluhan, berapakah hasil dari 32  - 18 ?, 
Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus bertanya dalam hati " ditambah berapa 18 supaya menjadi 32 ", mari kita menyelesaikan soal ini dengan trik matematika sesuai dengan judul postingan kali ini, cekedooot !
1. Soal: 32 - 18
Langkah 1   : Pikirkan " 18 ditambah berapa sama dengan 32 "
Langkah 2   : Pikirkan, " 18 + 10 = 28" dan " 28 + 4 = 32 "
nah kamu sudah menambahkan 10, kemudian 4. sekarang tambahkan kedua angka tersebut !, Maka jawabanya adalah 10 + 4 = 14
2. Soal 54 - 28
Langkah 1   : Pikirkan " 28  ditambah berapa sama dengan 54?"
Langakh 2   : Pikirkan " 28 + 10 = 38" dan " 38 + 10 = 48 "  kemudian 
Langkah 3   : Pikirkan " 48 + . . . = 54 " maka " 6 "
Nah kita tadi sudah menambahkan angka 10 + 10 + 6, maka jawabannya adalah 26
Supaya penasaran ayo kerjakan latihan dibawah ini !
1. 41 - 26 
2. 16 - 19
3. 62 - 37
4. 50 - 11
Baiklah dicoba, pasti gampang, Ingat ! tambahkan angka 10 sehingga mendekati angka yang dikurang, ok selamat berlatih, sukses selalu !
Trik Matematika SD


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Soal SD kelas 6 semester 1
kumpulansoalulangan.blogspot.com, kembali menghadirkan soal latihan ulangan sd kelas 6 pelajaran IPA semester 1 pada materi keseimbangan ekosistem. Soal latihan ini terdiri dari 20 soal, 10 pilihan ganda, 5 isian singkat, dan 5 uraian. langsung saja kita lihat soalnya dibawah ini, 
I. Pilihlah jawaban yang tepat !
  1. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut . . .
    • lingkungan
    • ekosistem
    • rantai makanan
    • populasi
  2. Rantai makanan yang tidak terputus menandakan . . .
    • populasi meningkat
    • proses makan memakan terganggu
    • keseimbangan ekosistem
    • lingkungan berubah ubah
  3. Hal berikut ini adalah penyebab kerusakan lingkungan akibat dari aktivitas manusia, kecuali . . .
    • pembabatan hutan
    • perburuan liar
    • pembuangan limbah
    • gunung meletus
  4. Hewan berikut ini termasuk dilindungi dan banyak terdapat di daerah Banten adalah . . .
    • Harimau
    • badak
    • orang utan
    • gajah
  5. Berikut ini hewan yang sering diburu manusia sehingga terancam punah, kecuali . . .
    • harimau
    • anjing laut
    • gajah
    • kambing
  6. Gajah diburu manusia untuk diambil . . .
    • kulitnya
    • minyaknya
    • gadingnya
    • giginya
  7. Pohon jati banyak dimanfaatkan karena dapat dijadikan . . .
    • bahan makanan
    • tanaman hias
    • meja dan kursi
    • wewangian
  8. Berikut ini adalah penyebab kepunahan hewan, kecuali . . 
    • perburuan liar dan perusakan habitat
    • penangkaran hewan dan reboisasi
    • kebakaran hutan dan pencemaran sungai
    •  perluasan pertanian dan pencemaran laut
  9. Tumbuhan berikut ini yang termasuk tumbuhan yang dilindungi adalah . . .
    • kaktus
    • cocor bebek
    • raflesia arnoldi
    • teratai
  10. Kawasan khusus yang melindungi hewan dan tumbuhan agar tidak punah disebut . . .
    • cagar alam
    • suaka marga satwa
    • konsevasi
    • hutan lindung
II. Jawablah
  1. Hewan ini dikenal identik dengan daerah Irian Jaya dan terancam punah karena sering diburu untuk mengambil bulunya yang indah adalah burung . . .
  2. Penambangan terbuka dapat merusak lingkungan karena . . .
  3. Manfaat dari kayu cendana adalah . ..
  4. Hewan reftil yang banyak diburu untuk dijadikan cendramata adalah ...
  5. Memperluas wilayah perlindungan hewan dapat dilakukan dengan memperluas kawasan . . .
III. Essay !
  1. Apa yang dimaksud dengan keseimbangan ekosistem? jelaskan !
  2. Jelaskan kegiatan kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem !
  3. Mengapa ada jenis tumbuhan atau hewan yang terancam punah?
  4. Berilah contoh hewan dan tumbuhan yang terancam punah !, terangkan sebab sebabnya!
  5. Apa yang bisa dilakukan agar tumbuhan atau hewan tertentu tidak punah !
Soal SD kelas 6 semester 1 ini mudah mudahan bermanfaat, selamat belajar. Print Soal INI