Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Kumpulan soal ulangan
soal ujian, tes, ulangan matematika SD kelas 3 tentang Nilai tempat
Kumpulansoalulangan.blogspot.com kali ini akan menulikan soal latihan matematika SD kelas 3 tentang Nilai tempat berserta dengan penjelasan dan kunci jawabannya,
Pada Pembelajaran Nilai tempat di kelas 3 SD ini merupakan pengembangan dari Kelas 2, jika dikelas 2 diperkenalkan hanya sampai ratusan saja, tetapi dikelas 3 sudah membahas ribuan, tentunya jika anak yang duduk dibangku kelas 2 sungguh sungguh belajarnya pasti tidak akan kesulitan tentunya, tetapi itu bukanlah sebuah kesalahanya jika memang ketika di kelas 2 anak belum paham betul dengan pembelajaran ini, karena waktu belum terlambat, dan jika anaka anak sering berlatih mengisi soal soal yang berhubungan dengan nilai tempat, emm tentunya dengan sendirinya anak akan mengerti dan bisa paham dengan pelajaran ini. nah dibawah ini saya sudah menyediakan latihan soal untuk dijadikan sarana untuk berlatih. soal ini bisa didownload linknya ada diakhir artikel ini, Baiklah kita simak soalnya:
  1. 725 = ... ratusan + ... puluhan + ... satuan 
  2. 661 = ... ratusan + ... puluhan + ... satuan 
  3. 343 = ... ratusan + ... puluhan + ...satuan 
  4. ... = 9 ratusan + 0 puluhan + 1 satuan  
  5. ... = 4 ratusan + 4 puluhan + 2 satuan
  6. .... = 7 ratusan + 5 puluhan + 0 satuan 
  7. Jumlah nilai angka 5 dan 7 pada bilangan 571 adalah .... 
  8. Jumlah nilai angka 6 dan 1 pada bilangan 681 adalah .... 
  9. Jumlah nilai angka 8 dan 2 pada bilangan 825 adalah .... 
  10. Jumlah nilai angka 5 dan 4 pada bilangan 584 adalah ....
 Pembahasan:
  1. Angka ini dibaca "Tujuh ratus dua puluh lima;  perhatikan angka yang dicetak tebal: tujuh, dua, dan lima, adapun yang dicetak miring tinggal ditambah akhiran -an,  maka dijawab: 7 ratusan+2 puluhan+5 satuan
  2. Angka ini dibaca " Enam ratus enam puluh satu; Perhatikan angka yang dicetak tebal: enam, enam dan satu, Maka dijawab: 6 ratusan+6 puluhan+ 1 satuan
  3. Angka ini dibaca "Tiga ratus empat puluh tiga"; Perhatikan angka yang dicetak tebal: Tiga, empat, dan tiga, maka dijawab: 3 ratusan + 4 puluhan +3 satuan
  4. kumpulkan angka 9, 0, dan 1 menjadi: 901, maka dijawab 901
  5. sama seperti no. 4
  6. sama seperti no. 4
  7. nilai angka 5 adalah 500 dan nilai angka 7 adalah 70, dijumlahkan menjadi 500+70=570
  8. nilai angka 6 adalah 600 dan nilai angka 1 adalah 1, dijumlahkan menjadi 600 + 1 = 601
  9. nilai angka 8 adalah 800 dan nilai angka 2 adalah 20, maka dijumlahkan menjadi 800+20=820
  10. nilai angka 5 adalah 500 dan nilai angka 4 adalah 4, maka dijumlahkan menjadi 500+4=504
Nah mudah bukan?, usahakan latihan terus, supaya terbiasa dengan soal seperti ini, selamat belajar dan sukses, soal latihannya disini


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Kumpulan soal ulangan
soal matematika sd kelas 3 tentang menentukan sebuah bilangan diantara dua buah bilangan.
dibawah ini saya tuliskan soalnya, dan soal ini bisa di unduh, dibawah artikel soal ini.
I. Dengan memperhatikan dua garis bilangan dibawah ini, tuliskan angka yang ada diantara dua bilangan 
  dengan tepat
1. Bilangan yang terletak di antara 117 dan 119 adalah ....
2. Bilangan yang terletak di antara 119 dan 121 adalah ....
3. Bilangan yang terletak di antara 124 dan 126 adalah ....
4. Bilangan yang terletak di antara 121 dan 123 adalah ....
5. Bilangan yang terletak di antara 120 dan 122 adalah ....
6. Bilangan yang terletak di antara 226 dan 228 adalah ....
7. Bilangan yang terletak di antara 227 dan 229 adalah ....
8. Bilangan yang terletak di antara 230 dan 232 adalah ....
9. Bilangan yang terletak di antara 233 dan 235 adalah ....
10. Bilangan yang terletak di antara 235 dan 237 adalah ....


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Kumpulan soal ulangan
soal latihan ulangan matematika SD kelas 3 tentang mengurutkan dan membandingkan bilangan, ini merupakan  kelanjutan dari Soal latihan ulangan MTK SD kelas 3 tentang garis bilangan, pada sub bab ini mempelajari bagaimana pengurutan dalam garis bilangan, dengan menentukan angka "lebih besar" atau "lebih kecil dari", anak anak akan memahami cara mengurutkan suatu bilangan pada garis bilangan, sebagai contoh:
Pada garis bilangan di atas, arah ke kanan menunjukkan bilangan yang makin besar.
a. 32 kurang dari 33 karena 32 terletak di sebelah kiri 33.
b. 35 lebih dari 34 karena bilangan 35 terletak di sebelah kanan 34.
c. 32 kurang dari 33; maka dapat ditulis 32 < 33.
    35 lebih dari 34; maka dapat ditulis 35 > 34.
< dibaca lebih kecil daripada, artinya kurang dari.
> dibaca lebih besar daripada, artinya lebih dari.
supaya lebih bermakna mari kita simak contoh soal dibawah ini, atau anda bisa mendownloadnya untuk dipelajari secara offline, link nya ada dibawah soal ini.
I. Isilah soal dibawah ini dengan menuliskan tanda lebih besar dari (>), tanda kurang dari (<) pada titik titik ditengan.
  1. 41    ….    43
  2. 52    ….    56
  3. 65    ….    64
  4. 76    ….    78
  5. 87    ….    84
  6. 114  ….    123
  7. 252  ….    249
  8. 356  ….    410
  9. 476  ….    470
  10. 587  ….    617
  11. 8 + 7        ….    13
  12. 9 + 8        ….    17
  13. 10 + 7      ….    16
  14. 15 + 14    ….    18 + 10
  15. 30 + 28    ….    28 + 31
  16. 29 + 43    ….    81 – 20
  17. 58 – 26    ….    30 + 15
  18. 18 + 6      ….    18 + 16
  19. 64 – 8      ….    58 – 47
  20. 89 – 9      ….    62 – 52
 Untuk lebih memudahkan silahkan unduh soal ini seperi diatas dibawah ini.