Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Keep share n keep spirit.. ^_^

Kode password atau yang sering disebut sebagai Kode Akses Pendaftaran (KAP) bagi para peserta yang lolos jalur undangan sangat penting untuk tidak diberitahukan kepada orang lain.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor I Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Syachrani. “Pernah kejadian, karena saling berbagi password akhirnya siswa yang lain bisa mengubah program studi yang akan didaftar. Sehingga bisa memperkecil persaingan,” kata Syachrani.

Contohnya, kata Syachrani, terdapat dua siswa yang lolos sebagai peserta jalur udangan Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Keduanya ingin mendaftar di Fakultas Kedokteran (FKU) Unair.

"Otomatis mereka berdua akan bersaing. Namun, karena si A mengetahui KAP siswa B, maka pada saat pendaftaran, siswa A bisa saja mengganti tujuan pendaftaran si B ke FKU Universitas Mataram. Cara-cara seperti ini tentu saja bisa mengurangi persaingan,” ujarnya.

Dia menyebutkan, berbeda dengan tahun lalu, aturan pemeringkatan oleh pihak sekolah semakin diperjelas. Jika tahun lalu peringkat berdasarkan per kelas, lanjut Syachrani, maka tahun ini peringkat akan dibuat per sekolah.

"Selain itu, konsistensi prestasi siswa terhadap enam mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional (UN) 2012, juga akan dilihat. Mulai dari nilai di semester tiga, empat, dan lima," tuturnya.

Syachrani mengungkapkan, sekolah RSBI yang akreditasinya A dapat mengirimkan 50 persen dari jumlah siswanya untuk mengikuti jalur undangan SNMPTN. Sedangkan pembuatan peringkat ditentukan oleh kepala kekolah berdasarkan enam mata pelajaran yang diujikan dalam UN.

“Nanti dari usulan yang diajukan oleh kepala sekolah, akan diseleksi lagi oleh sistem dengan melihat konsistensi prestasinya dari semester tiga sampai lima. Nah, dari situ mungkin ada yang tidak lolos sehingga jumlah siswa yang direkomendasikan tadi akan berkurang,” katanya menjelaskan.

Setelah dipastikan lolos mengikuti jalur undangan SNMPTN, para kepala sekolah kemudian diberikan KAP untuk dibagikan kepada murid yang lolos jalur undangan SNMPTN. "Jadi, keputusan untuk memilih jurusan tergantung siswa yang bersangkutan karena kepala sekolah hanya mempunyai kewenangan untuk merekomendasikan nama-nama siswa yang bisa ikut jalur undangan SNMTN," ujar Syachrani.

Sumber : okezone.com
Oleh : Ardhi Sukses 
 


0 komentar:

Poskan Komentar