Salah satu tugas utama seorang guru adalah mengajar. Hal ini akan menyebabkan adanya tuntutan setiap guru untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana seharusnya mengajar. Dengan kata lain setiap guru dituntut untuk memiliki kompetensi mengajar. Bertolak pada kebutuhan seorang guru, berbagai metode pengajaran dapat digunakan. Inilah makna proses pembelajaran berpusat kepada anak didik (students orienyed) dan anak ditempatkan sebagai subjek belajar yang sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimilikinya untuk terlaksananya proses belajar mengajarnya.
Salah satu upaya untuk mengembangan bakat dan kemampuan yang dimiliki anak maka dapat digunakan metode perlombaan. Arti perlombaan itu sendiri adalah kegiatan mengadu kecepatan (keterampialn), ketangkasan, kepandaian, dsb (Depdiknas. 2008). Penggunaan metode perlombaan dalam pembelajaran ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasinya anak untuk menjadi yang terbaik.
1. Pelaksanaan Perlombaan Berhitung
kemampuan yang diharapkan dalam permainan berhitung di TK dapat dilaksanakan melalui penguasaan konsep, dan lambang yang terdapat di semua jalur matematika yang meliputi klasifikasi bilangan ukuran geometri, estimasi,dan estetika.
Kelompok sebelah kiri guru, mengambil gambar tangan kemudian dihitung dengan menyebutkan jumlahnya. Kelompok di sebelah kanan guru mengambil mencari kartu angka sesuai dengan jumlah benda pada kelompok sebelah kiri. Kegiatan ini dapat dilakukan secara antara kelompok kiri dan sebelah kanan.
2. Langkah-langkah Pelaksanaan Perlombaan
Adapun langkah-langkah pelaksanaan perlombaan sebagai berikut:
a. Perlombaan dilaksanakan di dalam kelas
b. Guru mempersiapkan media pembelajaran yaitu gambar tangan, kartu angka, dan papan tulis.
3. Aturan main dalam perlombaan
Adapun aturan main dalam perlombaan yang akan diberikan kepada anak adalah:
- Dari 24 anak dibagi menjadi 2 kelompok, jadi masing-masing kelompok terdiri dari 12 orang anak
- Dan 2 kelompok mesing-masing diwakili 1 orang anak kedepan kelas
- 2 orang anak tersebut berlomba mengambil gambar, jari tangan sesuai yang diperintahkan guru di kotak yang sudah disediakan pada masing-masing kelompok
- Gambar jari tangan yang diambil ditempel di papan tulis dibawah lambang bilangan yang sebelumnya ditempel di papan tulis
- Begitu selanjutnya sampai semua anak mendapatkan gilirannya.
0 komentar:
Posting Komentar