Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Kecerdasan dapat dibagi dua yaitu kecerdasan umum biasa disebut sebagai faktor-g maupun kecerdasan spesifik. Akan tetapi pada dasarnya kecerdasan dapat dipilah-pilah. Berikut ini pembagian spesifikasi kecerdasan menurut L.L. Thurstone:

  1.     Pemahaman dan kemampuan verbal
  2.     Angka dan hitungan
  3.     Kemampuan visual
  4.     Daya ingat
  5.     Penalaran
  6.     Kecepatan perseptual

Skala Wechsler yang umum dipergunakan untuk mendapatkan taraf kecerdasan membagi kecerdasan menjadi dua kelompok besar yaitu kemampuan kecerdasan verbal (VIQ) dan kemampuan kecerdasan tampilan (PIQ)

Menurut para ahli IQ - Intelligence Quotient, dapat ditingkatkan dengan latihan sederhanadan mengubah kebiasaan-kebiasaan tertentu, caranya sebagai berikut :

Latihan pernapasan dalam
Pernapasan dalam meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, juga merilekskan kita sehingga meningkatkan fungsi efektif otak. Cara melakukanya mudah, pejamkan mata dan tarik nafas lewat hidung, sehingga paru-paru dipenuhkan sampai kapasitasnya, lalu hembuskan secara perlahan.

Saat melakukan pernapasan dalam hilangkan semua pikiran yang masuk kedalam kepala anda. Coba jangan pikirkan apapun kecuali efek penenangan dan perileksan dari saraf dan tubuh. Cara ini sangat berguna dan efektif untuk menyelesaikan masalah secara kreatif.

Ketika anda selesai melakukan latihan yang hanya perlu waktu 2 sampai 4 menit ini, kemampuan anda untuk menyelesaikan masalah akan meningkat paling sedikit 80%. Pikiran akan merasa jernih dalam sekejap jika dilakukan hanya 5 kali berturut-berturut, anda juga akan lebih bisa mengkoordinasikan pemikiran sehingga menjadi lebih jelas.


Jaga postur tubuh
Postur tubu dapat menentukan seberapa baik anda berfungsi. Berdiri bungkuk dan mulut terbuka mengurangi kemampuan berpikir jernih.Untuk membuktikan hal ini, coba duduk membungkuk dengan mulut terbuka sambil menyelesaikan soal matematika didalam pikiran.Kemungkinan anda akan menemukan, anda tidak bisa menyelesaikan masalah secara cepat dan tidak bisa berfikir secara jernih.
Lakukan olahraga untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Aerobik apa saja bisa memberikan hasiat ini.

Perhatikan makanan
Jangan makan segala sesuatu yang mengandung gula sederhana secara berlebihan. Semua karbohidrat sederhana, jika dimakan sejumlah banyak, secara umum membuat lelah yang bukan hanya akan membuat anda lebih lamban dalam berpikir, tapi juga membuat lamban secara fisik.

Semoga bermanfaat.
Sumber : Panitia SNMPTN 2012


Sumber :smsrsd-infopenting.blogspot.com
Oleh : Ardhi Sukses


Ping your blog, website, or RSS feed for Free






Perkembangan Kognitif, Teori Psikologi dan Pengertiannya




1. Perkembangan Kognitif Siswa



Istilah “kognitif” berasal dari kata cognition yang artinya sama dengan kata “knowing” yang berarti mengetahui. Dalam perkembangan selanjutnya, istilah kognitif menjadi sangat populer sebagai salah satu domain atau wilayah psikologis manusia yang berhubungan dengan pemahaman, pertimbangan,


Ping your blog, website, or RSS feed for Free




Pengertian Metode The Student Group



Metode The Student Group adalah salah satu teknik belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah. Di dalam The Student Group ini proses interaksi anatara dua atau lebih individu yang terlibat, saling tukar menukar pengalaman, inormasi, memecahkam masalah dapat terjadi jika semuanya aktif dan tidak ada yang pasif sebagai pendengar.





Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Soal ikatan Kimia

  1. Tergolong ikatan ion atau ikataan kovalenkah senyawa berikut ini !
    1. NH3 b. K2S c. PCl3 d. Fe2O3 e. NO2 f. KOH g. H2SO4
  2. Lengkapilah tabel berikut ini :
    JumlahStruktur ruang PEBentuk
    Molekul
    TipeContohKepolaran
    PEPEIPEB

    22





    23





    30





    31





    32





    41





    42





    51










    Cl2O






    PCl3






    PCl5





    AX4E2







    SCl6






    IF7






    AsH3

    21





    40





    50





    60





    20










    SO2
  1. Ramalkan rumus senyawa ion berikut ini :
    1. Sr dengan Cl c. Al dengan F e. Mg dengan N
    2. Be dangan S d. K dengan O f. Al dengan O
  2. Gambarkan struktur Lewis molekul-molekul berikut :
    a. CClb. SiH4 c. H2S d. H2O2 e. C2H6
    5. Unsur X dengan nomor atom 19 dan unsur Y dengan nomor atom 16.
    a. tulis konfigurasi elektron dari unsur X dan Y
    b. tentukan jenis ikatan yang terjadi antara X dan Y
    c. Bagaimana rumus kimia dari senyawa X dan Y
    6. Diketahui unsur X dengan nomor atom 7 dan Y dengan nomor atom 17 saling berikatan tentukan :
    a. rumus kimia senyawa yang terjadi.
    b. bentuk melekul senyawa yang terjadi
    7. Diketahui nomor atom B=5 , Cl=17; N=7; H=1. Apakah yang menyebabkan perbedaan bentuk molekul BCl3 dengan NH3 ? jelaskan dengan struktur Lewis.
    8. Unsur X dengan nomor massa 31 dan jumlah neutron dalam intinya 16 bereaksi dengan unsur 17Y dengan jumlah neutron dalam inti 18, membentuk senyawa dengan mengikuti kaidah okted . Tentukanlah :
    a. Ikatan yang terjadi antara X dengan Y.
    b. Struktur Lewis senyawa yang terbentuk.