Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Koalisi Masyarakat Anti Komersialisasi Pendidikan menengarai adanya komersialisasi pendidikan tinggi negeri. Salah satunya keharusan pencantuman jumlah penghasilan orangtua dalam formulir ujian tulis seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

Koordinator Aktivis Koalisi Masyarakat Anti Komersialisasi Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, jumlah penghasilan orangtua merupakan data yang tidak relevan dipertanyakan dalam seleksi masuk calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri. "Informasi tersebut akan menjadi alat PTN untuk menjaring calon mahasiswa dari kalangan berada saja," kata Retno, kemarin.

Retno mengatakan, kolom jumlah penghasilan ini mewujudkan adanya korporasi dalam dunia pendidikan, khususnya di pendidikan tinggi yang memang memerlukan biaya tidak sedikit. "PTN itu tugasnya menjaring mahasiswa berprestasi secara akademik, karena pemerintah sudah memberikan subsidi mereka. Kalau masih menjaring mahasiswa kaya, maka tidak ada bedanya PTN dengan kampus swasta," katanya.

Retno pun mendorong agar data tersebut boleh dikosongkan oleh pendaftar, atau tidak perlu diisi. Pasalnya, tidak ada yang dapat menjamin jika data itu tidak disalahgunakan, dan dijadikan salah satu faktor untuk mempertimbangkan kelulusan siswa ke PTN selain seleksi akademis.

Menjawab hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan data penghasilan orangtua memang ada di formulir pendaftaran SNMPTN. Namun, itu tidak lebih dari identitas biasa yang perlu dicantumkan layaknya tanggal lahir.

Sekretaris Umum SNMPTN 2012 Rochmat Wahab menjelaskan, kolom penghasilan ini penting agar beasiswa bidik misi atau rupa beasiswa lain tidak salah sasaran. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta ini mengimbuhkan, seluruh jajaran rektor sudah menjamin semua mahasiswa yang ikut SNMPTN akan diterima melalui tes yang diadakan secara tertulis ataupun undangan.

"Jajaran rektor seluruh PTN menjamin hal itu. Siswa tak perlu khawatir," ujar Rochmat.

Buruan...!! Dapatkan materi pelajaran SNMPTN sukses 1 minggu Belajar.. Silahkan klik Di SINI


Sumber : kampus.okezone.com
Oleh : Ardhi Sukses

0 komentar:

Poskan Komentar