Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Ilustrasi : ist.Setelah berkutat dan berjuang pada Ujian Nasional (UN), kini ujian besar tengah menanti para pelajar yang berkeinginan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Salah satu universitas favorit para pelajar, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta telah menetapkan kuota bagi calon mahasiswa baru tahun akademis 2012/2013 melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis.
Khusus untuk tahun ini, UGM menerima kuota 3.442 calon mahasiswa baru lewat jalur  ujian tulis," kata Ketua panitia lokal SNMPTN Yogyakarta Budi Prasetyo Widyobroto seperti disitat dari laman UGM, Selasa (8/5/2012).
Budi mengungkapkan, SNMPTN kali ini tidak ubahnya seperti tahun lalu. Kesempatan ini, lanjutnya, terbuka bagi siapa saja, termasuk mereka yang telah mengikuti jalur undangan.
Bagi yang sudah terlanjur mendaftar SNMPTN jalur undangan dan tengah menunggu hasil pengumuman pada 28 Mei nanti, tidak ada salahnya memanfaatkan pendaftaran tersebut,” ujarnya. Pendaftaran SNMPTN jalur tulis, kata Budi, resmi dibuka pada 10 Mei hingga 31 Mei 2012. Pendaftaraan dilakukan secara online dengan mengakses laman http://ujian.snmptn.ac.id. Rencananya, ujian tulis SNMPTN akan dilaksanakan serentak pada 12-13 Juni dengan soal yang sama di seluruh Indonesia. Sedangkan ujian keterampilan diselenggarakan pada 14-15 Juni di PTN yang memiliki program studi yang dipilih. “DI Yogyakarta ujian keterampilan diselenggrakan di UNY sesuai program studi (prodi) yang ada,” katanya menjelaskan. Proses pendaftaran SNMPTN hampir sama dengan tahun sebelumnya. Namun yang sedikit berbeda, tahun ini siswa cukup datang ke bank, membayar uang pendaftaran untuk mendapatkan kartu akses pendaftaran (KAP) dan pin agar bisa mengakses proses pendaftaran di laman SNMPTN.
Bagi siswa lulus tahun kemarin dan tahun sebelumnya, maupun yang lulus tahun ini jadwal pendaftaran disamaratakan,” tuturnya. Sementara untuk mengantisipasi adanya joki lewat pendaftaran online, Budi mengatakan panitia pengawas akan berupaya maksimal dengan melakukan proses verifikasi satu jam sebelum pelaksanaan ujian.

0 komentar:

Poskan Komentar