Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dilaksanakan lebih awal ketimbang pengumuman hasil kelulusan dinilai merugikan calon mahasiswa baru (Camaru). Pasalnya, apabila tak lulus, uang pendaftaran tak bisa diminta kembali. Sementara, apabila Camaru ingin mendaftar SNMPTN setelah hasil Ujian Nasional (UN) keluar, ditakutkan akses jaringan internet bakal susah.

Salah satu siswa SMAN 2 Solo yang tak mau disebutkan namanya mengatakan dia sudah mendaftar SNMPTN sejak beberapa waktu lalu. Ia sengaja mendaftar SNMPTN lebih awal agar saat mengisi formulir online tak kesulitan. Ia menilai, apabila pendaftaran dilakukan mendekati waktu penutupan, jaringan internet akan susah diakses.

NM mengatakan sebagian besar teman sekelasnya juga sudah mendaftar SNMPTN meski hasil kelulusan belum keluar. “Sebenarnya kalau tak mau merugi, bisa mendaftar setelah pengumuman kelulusan. Kan pendaftaran ditutupnya masih 31 Mei. Tapi ya itu, akses internetnya bakal susah,” ujarnya.

Wakasek Kurikulum SMAN 1 Solo, Drs Suryadi MPd mengatakan pihak sekolah telah mempersiapkan beberapa hal terkait murid di sekolah tersebut yang akan mengikuti SNMPTN. Sebanyak 30 siswa telah didaftarkan dalam program Beasiswa Bidikmisi. Sementara itu, beberapa juga telah didaftarkan lewat jalur undangan.

Suryadi menambahkan, untuk mendukung persiapan para siswa, pihak sekolah akan mengadakan tryout SNMPTN. Soal latihan dibuat atas kerja sama dengan sejumlah instansi terkait dengan tipe soal yang sama dengan naskah SNMPTN sungguhan. “Sebagai tindak lanjut, akan kami beri selebaran tentang kunci jawaban soal,” tambahnya.

Senada, Wakasek Humas SMAN 2 Solo, Ajuandi, menjelaskan pihak sekolahnya juga memberikan dukungan penuh terhadap murid-muridnya yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi (PT). Salah satu hal yang dilakukan sekolah ialah memfasilitasi pendaftaran kolektif. “Persiapan sudah kami lakukan sejak 2011 dengan memberikan motivasi kepada siswa saat kelas dua dengan mendatangkan alumni SMA sini yang sudah sukses,” tambah Ajuandi.


Sumber : solopos.com
Oleh : Ardhi Sukses

0 komentar:

Poskan Komentar