Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Buat kalian-kalian yang masih duduk di bangku sekolah,terutama yang ikutan SNMPTN *biasanya* jadi momok menakutkan & masa TER-Galau selama kalian berstatus sebagai pelajar.. Segala persiapan mulai dari bimbel,ambil les ini-itu,ampe banyak2 berdoa (saat udah pasrah)


Persiapan materi Mata Pelajaran : BERES
Bagaimana dengan......

  • 'Embel-embel' & aksesoris pelengkap SNMPTN?
  • Alat Tulis LENGKAP (penghapus,pensil 2B,rautan,alat bantu bulatan)
  • Kartu legitimasi peserta SNMPTN
  • Papan kertas;
    itu TABU kalo sampai terlewat apalagi dilupakan.

Gak mau kan udah cape-cape belajar,berjuang banting tulang,nangis darah dan bercucur peluh (jiaaah... majas Hiperbola :p) Tapi hasilnya malah gak memuaskan,bahkan *amit-amit* Gagal dalam SNMPTN hanya karena peralatan tadi kurang lengkap & terlewat.

Kenapa harus Pensil 2B?
Bisa gak isi LJK (Lembar Jawaban Komputer) dengan alat tulis lain ??

Cekidot penjelasan dari Om Prof.Yohanes Surya ini!


Pensil 2B untuk Jawab Ujian

Tanya:
Yth. Prof. Yohanes. Pertanyaan saya ini mungkin bisa terkait dengan ketidaklulusan siswa SMP/SMA yang pada akhir tahun ajaran lalu menjadi bahan pembicaraan. Pertanyaan saya adalah:
a. Mengapa lembar jawaban ujian harus dijawab dengan menggunakan pensil 2B?
b.Tidak bisakah kita menjawab menggunakan alat tulis lain, seperti fulpen, balpoin, atau spidol?
Terima kasih atas jawaban Prof. Yohanes. (Syamsuhadi, di Banyuwangi)

Jawab:
Pensil terbuat dari campuran grafit, tanah liat, dan air. Komposisi campuran menentukan tingkat kekerasan dan kehitaman bahan ini. Pada gambar di bawah terlihat tingkat kehitaman pensil. Nomor 9B sangat hitam. Pensil 2B itu moderat, tidak terlalu lunak dan tidak terlalu hitam. Untuk komputer, pensil 2B ini bagus karena tidak merusak kertas, dan cukup gelap sehingga bisa terbaca oleh alat scan dengan baik. Spidol tidak baik karena sukar untuk mengisi bulatan secara sempurna. Fulpen terlalu tajam dan bisa merusak kertas. Jadi, itulah alasan mengapa hanya pensil 2B yang yang dinilai tepat untuk digunakan menandai lembar jawaban ujian yang akan dibaca komputer.

(Yohanes Surya)


***

Berikut tips memilih pensil Ujian yang BAIK dan BENAR
sumber: situs resmi faber Castle (www.faber-castell.co.id)


Kiat Sukses Ujian

Ujian Akhir Nasional sering dijadikan sosok yang menakutkan bagi para siswa, sebetulnya kalau kita sudah mempersiapkan diri sebaik baiknya kita tidak perlu takut menghadapi ujian tersebut, selain persiapan diri dengan belajar dan menjaga kesehatan tubuh dengan cukup makan dan istirahat, selain itu siapkan alat tulis yang terbaik untuk mengadapi ujian.
1. Persiapkan diri anda dengan belajar dan cukup makan dan istirahat.
2. Perhatikan dan baca dengan teliti instruksi yang diberikan.
3. Gunakan alat tulis yang berkualitas.


Bagaimana memilih pensil yang baik untuk ujian?

  1. Jangan membeli pensil yang isinya miring karena pensil dengan isi miring dapat dipastikan pensil mudah patah saat digunakan,pilihlah pensil dengan Leads tepat di tengah.
  2. Jangan membeli pensil dengan isi pensil yang merosot keluar dari pensil, pensil dengan isi yang merosot dapat dipastikan akan mudah patah saat digunakan.
  3. Pilihlah pensil dengan Isi pensil yang besar, Isi pensil yang besar membuat pensil tidak mudah patah selain itu pensil dengan isi yang besar akan mempercepat proses melingkari jawaban.
  4. Pilihlah pensil dengan isi pensil yang lebih berkilau, isi pensil yang lebih berkilau akan lebih mudah dibaca oleh scanner.

Gunakan Pensil 2B – For Computer yg telah lulus test OMR Test / Scan Test.
Pensil yang telah lulus OMR Test dapat dipastikan bahwa isi pensil yang digunakan memiliki pencampuran yang sempurna sehingga dari ujung awal sampai akhir pensil memiliki grade yang sama yaitu 2B dan dapat dibaca oleh mesin scanner.


Pensil mekanik memiliki lead yang lebih keras dan dapat mengakibatkan Lembar Jawaban sobek dan bergelombang.

So, SNMPTN tidaklah semenakutkan yang kita kira pada awalnya, kalo sudah ada persiapan yang mantap dari kita sendiri, anggep aja itu ulangan harian biasa, atau Try Out.. Namun kali ini yang menentukan nasib kita .



Sumber : mychubbyromance.blogspot.com
Oleh : Ardhi Sukses

0 komentar:

Poskan Komentar