Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Kebutuhan blog yang didedikasikan sebagai blog education saya kira tidak akan lepas dari menampilkan materi pembelajaran bisa berupa presentasi maupun hasil penilaian peserta didik. Dalam kondisi offline kita dengan mudah membuat file dokumen, presentasi dan laporan daftar nilai siswa dengan menggunakan program aplikasi dari Ms. Office atau menggunakan open office, namun apabila kita ingin menampilkan secara online kadang kita bingung bagaimanile-file dokumen kita secara mudah dan cepat. Sebenarnya fasilitas ini sudah lama disediakana cara menampilkan file yang sudah kita buat di komputer ke blog secara online, dan mudah untuk di edit apabila ada kesalahan. Ternyata eh ternyata, Google sebagai perusahaan raksasa di Internet sudah menyediakan software yang mampu mengonlinekan f Google, cuma kadang kita tidak menggunakanya karena belum adanya kebutuhan untuk menggunakan fasilitas ini.
 
Pada kesempatan ini kita akan belajar bagaimana cara menampilkan file SpreedSheet (Excel) di blog. Misal disini saya akan menampilkan file daftar nilai siswa.
  1. Login ke halaman http://docs.google.com  dengan account gmail anda, atau bisa juga menggunakan email lain (yahoo atau ymail) yang sudah terverifikasi google.
  2. Upload file excel yang sudah dibuat dikomputer anda.

 
3. Sebelum mengklik tombol start upload beri centang pada convert documents, presentations, and spreedsheet to the coresponding Google Docs formats. 
4. Kemudian buka file excelnya, contoh: klik daftarnilai
5. Setelah terbuka, kemudian klik Share pilih Publish as a web page dipojok kanan atas.
 
6. Kemudian akan muncul kotak yang berisi tentang pilihan dari sheet mana aja yang akan ditampilkan atau bisa juga di pilih semua, lalu klik Start Publishing
7. Selanjutnya pada pilihan Get a link to publish data pilih HTML to embed in a page
 
8. Copy kode yang tampak ke postingan di blog.
9. Selesai 

Catatan:
Kode tersebut dimasukan di dalam posting blog dalam mode edit html (bukan compose).


0 komentar:

Posting Komentar