Ping your blog, website, or RSS feed for Free

PAKET UJIAN NASIONAL UN BAHASA INDONESIA SMA XII



Mendapatkan soal UN untuk persiapan Ujian Nasional sangat dibutuhkan bagi siswa.. apalagi soal bahasa Indonesia. bahasa Indonesia, bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia

Pilihlah salah satu jawaban yang tepat ! Jangan lupa Berdoa dan memulai dari yang mudah .


Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor  1 s.d. 3!
(1) Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memasuki suatu profesi atau menjadi seorang profesional. (2) Salah satu yang dikembangkan dalam pendidikan tinggi dalam keprofesian adalah yang disebut program diploma, mulai dari D1 sampai dengan D4 dengan berbagai konsentrasi bidang ilmu keahlian. (3) Konsentrasi pendidikan profesi, yaitu para mahasiswa lebih diarahkan kepada minat menguasai keahlian tertentu. (4) Dalam bidang keahlian dan keprofesian khususnya Desain Komunikasi Visual terdapat jurusan seperti Desain Grafis untuk D4 dan Desain Multimedia untuk D3 dan Desain Periklanan D3. (5) Dalam proses belajar mengajar dalam pendidikan keprofesian akan berbeda dengan jalur kesarjanaan S1 pada setiap bidang studi tersebut. (6) Pendidikan biasanya berawal pada saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup.

1.    Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...
A.    Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi.
B.    Pendidikan profesi menjadikan seorang profesional.
C.    Keprofesian adalah disebut program diploma.
D.    Mahasiswa diarahkan kepada minat keahlian tertentu.
E.    Pendidikan berawal saat seorang bayi itu dilahirkan.

2.    Arti kata profesi pada kalimat nomor (1) dalam paragraf tersebut adalah ... .
A.    pekerjaan yang digeluti oleh seseorang secara sungguh-sungguh.
B.    seseorang yang menyediakan waktunya untuk menekuni pekerjaan
C.    bidang pekerjaan yang dilandasi oleh pendidikan keahlian tertentu
D.    kegiatan yang memiliki aturan-aturan yang jelas atau sudah ditetapkan
E.    pekerjaan resmi yang digeluti oleh seseorang untuk kehidupannya

3.    Kalimat yang tidak padu dengan kalimat utama tersebut adalah nomor ... .
A.    (1)
B.    (3)
C.    (4)
D.    (5)
E.    (6)


Cermati teks berikut untuk soal nomor 4 s.d. 6!
(1) Upaya-upaya pemerintah melestarikan budaya tradisional perlu dilakukan di tengah serbuan budaya modern dari luar. (2) Hal ini dilakukan karena kurang ketertarikannya masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk melestarikan. (3) Selain itu, seiring dengan perkembangan zaman modern produk budaya bukanlah milik kolektif seperti ketika masa agraris, melainkan milik individualis atau sekelompok etnis. (4) Segala produk budaya, baik termasuk kesenian kontemporer maupun tradisional diberi cap milik individu atau sekelompok masyarakat, bahkan sebuah bangsa. (5) Nah, ketika masyarakat kita lalai memberi cap tersebut pada produk budaya sendiri, terjadilah pencurian budaya oleh bangsa lain yang kemudian diklaim sebagai produk budaya bangsa tersebut. (6) Prof. Dr. Edi Sedyawati, mantan Dirjen Kebudayaan, dalam suatu acara budaya di Jakarta mengatakan bahwa harus ada perlindungan budaya yang lebih jelas berupa undang-undang yang khusus untuk perlindungan karya budaya tradisional. (7) Keanekaragaman budaya Indonesia yang terdiri dari ribuan etnis itu harus bisa dipatenkan agar tidak dicuri oleh bangsa luar untuk kepentingan sendiri.

4.    Ide pokok paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... .
A.    perlunya upaya pelestarian budaya tradisional
B.    tercemarnya budaya oleh generasi muda
C.    produk perkembangan budaya zaman modern
D.    kelalaian masyarakat memberi cap budaya
E.    keanekaragaman budaya Indonesia

5.    Bagaimana upaya agar budaya tradisional kita tidak dicuri oleh bangsa luar untuk kepentingan sendiri?
Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf adalah ... 
A.    Budaya Indonesia yang terdiri dari ribuan etnis itu harus dijaga dengan baik dengan cara mencintai budaya sendiri daripada budaya luar.
B.    Dengan mengikuti perkembangan zaman modern tanpa melupakan makna dari budaya tradisional itu sendiri sehingga kita merasa memiliki.
C.    Harus ada perlindungan budaya yang lebih jelas berupa undang-undang yang khusus untuk perlindungan karya budaya tradisional.
D.    Segala produk budaya, baik termasuk kesenian kontemporer maupun tradisional diberi cap sekelompok masyarakat atau sebuah bangsa.
E.    Menanamkan rasa ketertarikannya masyarakat Indonesia, terutama generasi muda untuk pelestarian budaya tradisonal.

6.    Kalimat fakta dalam paragraf  tersebut terdapat pada nomor ... .
A.    (6)
B.    (5)
C.    (4)
D.    (3)
E.    (2)

7.    Cermati paragraf berikut!
Salah satu stasiun televisi swasta pada tayangan dini hari di akhir pekan beberapa waktu lalu, menyajikan wayang kulit, kesenian tradisional dari pesisir Jawa Tengah. Saat itu, para penggemar wayang kulit yang tadinya sukar menyaksikan kesenian kesayangan mereka itu karena langkanya pementasan di berbagai tempat dan juga jauh dari tempat tinggal, sangat terhibur dengan acara itu. Penayangan itu memudahkan penggemar atau pemirsa bersama keluarga menikmati acaranya di layar kaca tanpa harus beranjak dari rumah mereka. Dengan demikian, stasiun televisi yang peduli dengan budaya tradisional itu, sebenarnya telah melakukan upaya pelestarian budaya tradisonal tersebut.

Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah ...
A.    Berbagai model dan upaya dapat dilakukan bangsa Indonesia untuk melestarikan budaya tradisional kita.
B.    Kondisi masyarakat yang beragam budaya dengan acara pertunjukan akan membantu pelestariannya.
C.    Minimnya pendidikan budaya dengan pertunjukan salah satu upaya pelestarian budaya tradisional tersebut.
D.    Stasiun televisi yang menayangkan budaya tradisional turut melakukan upaya pelestarian budaya tradisonal.
E.    Lemahnya pengontrolan budaya tradisonal dapat memudahkan hilangnya budaya bangsa kita yang sudah lama.

8.    Cermati penggunaan kata dalam paragraf berikut!
(1) Sejumlah aktivis mahasiswa di Makassar meminta aksi demo dan tawuran dipisahkan karena dua hal itu memiliki esensi dan pemicu berbeda. (2) Mereka menolak kedua hal itu digeneralisasi untuk menyebut mahasiswa anarkhis. (3) Aksi demo diyakini sebagai wujud panggilan jiwa dan solidaritas sosial mahasiswa terhadap permasalahan masyarakat. (4) Sementara tawuran adalah perbuatan kriminil yang kerap terjadi akibat solidaritas dan fanatisme yang sempit antarkelompok mahasiswa. (5) Untuk mensikapi kebijakan pemerintah dan tawuran adalah dua hal yang sangat berbeda. (6) Secara konteks dan tujuan juga sama sekali tidak berhubungan dengan masalah.

Kata yang tidak baku yang bergaris bawah terdapat pada kalimat nomor ... .
A.    (1), (2), dan (4)
B.    (1), (3), dan (4)
C.    (2), (4), dan (5)
D.    (3), (4), dan (5)
E.    (4), (5), dan (6)

9.    Cermati kutipan tajuk rencana berikut! 
(1) Pengantisipasi berbagai persoalan diperlukan kebijakan untuk melindungi industri, produksi, berikut pasar dalam negeri dari serbuan produk impor ilegal. (2) Insentif fiskal untuk menggerakkan sektor riil dan mendongkrak daya beli, sementara belanja pemerintah sangat diharapkan mengucur dalam porsi yang lebih besar untuk pembangunan infrastruktur supaya menciptakan lapangan kerja. (3) Apalagi jika investasi masih bisa dipertahankan, rasanya pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan pemerintah 4,5 persen bisa dicapai. (4) Syarat lain dan paling penting adalah harmonisasi orkestrasi kabinet. (5) Setiap menteri mengerjakan tugasnya dengan kesungguhan hati di tengah hiruk-pikuk masa-masa pemilihan umum. (6) Tidak boleh ada menteri menonjol sendiri, apalagi merasa supermenteri, sebaliknya tidak boleh ada yang loyo.

Opini penulis dalam paragraf tajuk rencana tersebut adalah kalimat nomor ... .
A.    (1), (2), dan (3)
B.    (2), (3), dan (5)
C.    (3), (4), dan (5)
D.    (3), (5), dan (6)
E.    (4), (5), dan (6) 

0 komentar:

Poskan Komentar