Jenis - jenis Bilangan

Kamis, 22 Desember 2011 |


Ping your blog, website, or RSS feed for Free

  1. Bilangan Kompleks : seluruh bilangan yang dibicarakan dalam Matematika
    merupakan bilangan kompleks, bilangan kompleks adalah bilangan yang
    dapat dinyatakan dalam bentuk (a+bi) dengan i adalah



    √-1

  2. Bilangan Real : bilangan real disebut bilangan nyata yang artinya bahwa bilangan real bilangan yang dapat dinyatakan dalam perhitungan secara nyata. misalnya 5 (lima) kita dapat menghitung benda yang berjumlah lima.

  3. Bilangan imajiner :  bilangan imajiner merupakan lawan dari bilanngan real, bilangan imajiner juga disebut bilangan khayal. imajiner berasal dari kata imajinasi atau khayalan yang artinya bahwa bilangan imajiner adalah bilangan yang hanya ada dalam imajinasi atau khayalan atau angan-angan, jadi bilangan imajiner tidak bisa dinyatakan, misalnya 



    √-1, 



    √-2, dan sebagainya.

  4. Bilangan Rasional : bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a/b dimana a dan b merupakan bilangan real yang saling prima dan b tidak nol. Pengertian saling prima adalah dua bilangan real yang memiliki faktor persekutuan terbesarnya adalah 1

  5. Bilanga Irrasional : billangan Irrasional merupakan lawan dari bilanngan rasional, jadi bilangan  irrasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk a/b dengan a dan b saling prima.

  6. Bilangan Bulat : bilangan bulat adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam notasi desimal dengan tidak terdapat bilangan dibelakang koma selain nol.

  7. Bilangan Pecahan : bilangan pecahan merupakan lawan dari bilangan Bulat, jadi bilangan pecahan dalam notasi desimal selalu terdapat bilangan dibelakang koma.

  8. Bilangan Nol : bilangan nol adalah bilangan yang menyatakan banyaknya anggota himpunan kosong. Sedangkan himpunan kosong sendiri adalah himpunan yang tidak memiliki anggota sama sekali. 
Read more »

0 komentar:

Poskan Komentar