Gerak prograde dan gerak retrograde

Kamis, 02 Juni 2011 |


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Gerak prograde dan gerak retrograde, adalah gerak planet yang terlihat dari pengamat di Bumi. Planet ini bisa planet Mars, Jupiter atau Saturnus (planet superior yang terlihat oleh mata telanjang). Gerakan ini dilihat dari acuan bintang-bintang latar belakang. Jika kita memotret sebuah planet hari ini, kemudian besoknya pada jam yang sama dipotret kembali, dan besoknya pun demikian dan terus menerus setiap hari, maka kita akan melihat planet tiap hari bergerak terhadap bintang-bintang latar belakang dengan arah yang menuju ke arah Timur, sedangkan bintang-bintang di belakangnya memiliki konfigurasi yang tetap dan tidak berubah (posisi di langit berubah tiap hari, tetapi konfigurasinya yang tetap satu sama lain). Ini adalah salah satu alasan mengapa disebut planet, yang artinya pengelana (dari kata : planeten).

Ada waktu-waktu tertentu dimana planet bergerak dengan arah yang berbeda, yaitu ke Barat (mundur), kemudian beberapa hari kemudian normal kembali, maju bergerak ke arah Timur. Ketika bergerak ke Barat inilah disebut gerak retrograde (gerak maju mundur).

The retrograde motion of Mars in 2005.
A composite image created by superimposing images taken on 35 different dates,
each separated from the next by about a week. (Tunc Tezel, apod060422)


Retrograde Planet Saturnus (klik untuk melihat animasinya)

Gerak retrograde terjadi pada semua benda yang mengorbit Matahari dengan orbit lebih jauh dari orbit Bumi, hal ini disebabkan oleh perbedaan kecepatan orbit planet dengan Bumi. Pada Venus dan Merkurius efek ini tidak ada.

 Mungkin animasi ini bisa membantu untuk lebih mengerti

0 komentar:

Poskan Komentar